Mata kuliah ini mengkaji aspek aspek filsafat yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam rangka memperkuat pemahaman tentang orientasi ilmuwan, kebenaran, dan pengembangan ilmu pengetahuan, cara kerja filsafat dan filsafat ilmu pengetahuan, teori dan konsep, falsifiabilitas dan falsifikasi, obyektivisme, teori sebagai struktur, rasionalisme vs relativisme, orientasi filsafat ilmu, teori sebagai struktur (thomas kuhn), dan implikasinya dalam pendidikan, realisme, instrumentalisme, dan kebenaran, cara kerja ilmu pengetahuan, cara kerja ilmu-ilmu empiris “induksi”, cara kerja ilmu-ilmu pasti “deduksi”, dan cara kerja ilmu-ilmu pasti “deduksi”

Mata kuliah ini mengaji aspek-aspek kebahasaan yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam rangka memperkuat pemahaman tentang Pendidikan Bahasa, Teori-teori Pendidikan Bahasa, Metode Pembelajaran Bahasa, Kurikulum Pendidikan Bahasa, Tantangan dalam Pendidikan Bahasa, Inovasi dalam pendidikan bahasa sebagai bekal mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah-sekolah. Mahasiswa perlu mengenal lebih jauh tentang Inovasi dalam pendidikan bahasa untuk aspek kebahasaan dan 5 keterampilan berbahasa di abad 21 (keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan berkomunikasi, serta keterampilan berkolaborasi) yang diajarkan secara komprehensif dalam pembelajaran
bahasa Indonesia.

  • Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi menulis dan mempublikasikan karya ilmiah di bidang pendidikan bahasa Indonesia secara profesional dan beretika. Fokus utamanya adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun, mengolah, dan mempublikasikan hasil penelitian atau kajian secara sistematis sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baku serta standar publikasi ilmiah.

Mata kuliah Keterampilan Berbahasa dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis dalam mengajarkan empat keterampilan dasar berbahasa: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Secara teoretis, mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dan teori yang mendasari pengajaran keterampilan berbahasa, termasuk strategi pembelajaran yang sesuai dengan berbagai konteks pendidikan. Sementara itu, secara praktis, mahasiswa akan dilatih untuk merancang dan mengimplementasikan kegiatan pembelajaran yang inovatif, dan berorientasi pada kebutuhan siswa.