Mata kuliah ini mengaji aspek-aspek kebahasaan yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam rangka memperkuat pemahaman tentang bahasa sebagai bekal mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah dasar. Mahasiswa perlu mengenal lebih jauh tentang fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik untuk aspek kebahasaan dan empat keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis) yang diajarkan secara komprehensif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa sekolah dasar.

Mata kuliah Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia membahas konsep, prinsip, dan implementasi kurikulum dalam pembelajaran bahasa Indonesia di berbagai jenjang pendidikan. Mahasiswa akan menganalisis perkembangan kurikulum, mengevaluasi implementasi kebijakan, serta merancang inovasi kurikulum berbasis teknologi dan kebutuhan abad ke-21. Pembelajaran dilakukan melalui case method dan project-based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan analitis, evaluatif, dan kreatif mahasiswa. Mahasiswa juga akan menyusun perangkat ajar serta strategi evaluasi yang relevan dengan standar nasional pendidikan. Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang kurikulum bahasa Indonesia serta keterampilan praktis dalam pengembangannya